https://twitter.com/evachimaru

Selasa, 06 Juli 2010

konsep ekonomi PART 2

jiah... kayak ariel aja ada part satu part dua
wkwk

"ekonomi bisa terjadi karena ada kegiatan sosialisasi pertukaran kebutuhan" (definisi eva nafifah sendiri)

bayangkan jika kita mampu memenuhi kebutuhan dan keinginan sendiri, makan berburu sendiri, baju menjahit sendiri, rumah dibangun sendiri, mau bepergian mebuat kendaraan sendiri, mau hiburan mengarang musik sendiri, mau bermain bikin permainan sendiri, mau ngapa-ngapain sendiri lah.. otomatis tiak akan ada kegiatan ekonomi seperti sekarang.
kalo keadaan seperti di atas maka tidak akan terjadi transaksi di pasar, karna tidak ada yang belanja, tidak ada yang beli rumah, tidak ada yang beli baju, tidak ada yang naik angkot, kereta, pesawat atau kendaraan macam apapun karena manusia ga butuh semua itu (manusia bisa memenuhinya sendiri dengan usaha sendiri).
kalo seperti itu, otomatis tidak ada pabrik elektronik, tidak ada distributor, tidak ada grosir, agen, pedagang eceran tidak ada. pasti aman deh dunia ini. karna ga ada yang menipu, korupsi, penggelapan, penipuan, penebangan hutan liar juga ga bakalan ada, cukup hidup dengan apa yang disediakan oleh alam (semuanya lengkap di alam ini) tidak usah ada teknologi, tidak usah ada uang, kartu kredit, saham, surat berharga, obligasi dan lain-lainnya.

ya ya ya begitulah... adanya hiruk pikuk di dunia ini karena adanya keinginan dan kebutuhan manusia yang bermacam-macam yang tidak mampu dia ciptakan sendiri, kita ingin beli baju ya harus beli ke toko baju, dan si toko baju mengambil dari agennya, agennya ngambil dari pabrik, pabrik baju memproduksi baju itu butuh kain, pabrik baju beli kain ke pabrik kain, pabrik kain juga butuh bahan baku berupa kapas dan peralatan lainnya, kapas ngambil dari petani kapas, petani kapas bekerja di sebuah kebun milik juragan perkebunan pohon kapas, si juragan ini beli tanah seluah beberapa hektarnya itu dari penjual tanah dan sebagainya dan sebagainya... masih banyak perjalanan yang terlewatkan sih sebenarnya, misalnya si toko baju butuh kendaraan pengangkut, kendaraan pengangkut itu ada supir yang harus di bayar, harus di isi bensin, belum lagi kalo olinya musti diganti, mesinnya harus ke bengkel, trus trus.... mesin-mesin yang digunakan di pabrik baju atau pabrik pengolahan kain itu beli dari pabrik lain yang memproduksi mesin seperti itu, ada karyawannya yang berjumlah ribuan orang, belum lagi karyawan itu musti naik kendaraan pas mau pergi bekerja, kendaraan ada supirnya dan musti diisi bensin (~_~)
aaaaaaaaaaaarghhhh cukup!

bah apa anda sudah mengerti?
itulah ekonomi, kegiatan ekonomi adalah kegiatan saling menukar manfaat dari masing-masing orang, ketika kita membeli barang kita memberi uang kepada penjual barang, uangnya bisa dibelikan lagi untuk barang yang lain, intinya kita harus saling memberi dan menerima pengorbanan karena kita tidak akan mampu menciptakan sesuatu sendirian, kita tidak mampu memenuhi kebutuhan kita sendiri, harus membelinya dari orang lain.

nah barang-barang yang memperolehnya memerlukan pengobanan disebut dengan istilah barang ekonomi, seperti makanan, minuman, rumah, baju, buku, komputer, handphone, vidoe game, televisi, kapal pesiar, mobil dan semua semuanya itu adalah barang ekonomi.

sedangkan barang yang "bukan barang ekonomi" disebut juga "barang bebas", yaitu barang atau produk atau materi yang mendapatnya tidak perlu pengorbanan, yaitu udara, cahaya matahari, dan air.
tapi sekarang ada air yang musti beli (gubrak)~
tiap bulan musti bayar ke PDAM, minum juga harus beli air mineral, apalagi yang lagi di rumah sakit bernafas saja musti beli oksigen, trus jangan sampe kita musti beli cahaya matahari

sekian da terimakasih [=,=]'

Tidak ada komentar:

Posting Komentar